Pilih Emas Batangan, Perhiasan, Atau Dinar Untuk Investasi?

Advertisement
Pilih Emas Batangan, Perhiasan, Atau Dinar Untuk Investasi? – Saya yakin anda juga sudah mengetahui bahwa saat ini emas dipandang sebagai salah satu jenis investasi yang begitu potensial. Selain karena berpotensi dapat memberikan keuntungan yang tinggi, investasi emas juga dinilai memiliki resiko kegagalan yang rendah serta kemudahan dalam menjalankan investasinya, jadi tidak heran lagi jika banyak pihak yang berlomba-lomba ingin menjadi nomor satu di bisnis investasi emas ini, dan mungkin salah satunya adalah anda.

Boleh-boleh saja anda memiliki keinginan untuk berinvestasi emas, tapi yang perlu di ingat, walaupun emas memiliki banyak keuntungannya namun hal tersebut tidak menampik kemungkinan bahwa emas juga memiliki resiko yang akan anda hadapi nantinya. Dan salah satu resiko tersebut adalah ketidaktepatan dalam memilih emas, tentu hal ini dapat mengurangi keuntungan yang dapat anda peroleh nantinya.

Apakah anda sudah tahu bahwa untuk investasi emas, anda dapat melakukannya melalui tiga bentuk emas? Ketiga bentuk emas tersebut diantaranya adalah emas batangan, emas perhiasan, dan juga dinar emas. Setiap bentuk investasi emas ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan setiap kekurangan dan kelebihan tersebut tentu akan sangat berpengaruh terhadap potensi keuntungan yang dapat anda peroleh. Jadi, sebelum anda membeli emas, pertimbangkan masak-masak bentuk emas seperti apa yang akan anda beli, apakah mau pilih emas batangan, emas perhiasan, ataukah dinar emas? Nah, berkaitan dengan itu, mungkin ulasan dibawah ini dapat anda jadikan bahan pertimbangan.

Tapi sebelumnya, saya katakan bahwa apapun bentuk emasnya, baik emas batangan, perhiasan, ataupun dinar, semuanya disebut sebagai investasi emas. Dan investasi emas ini tentu memiliki resiko dan keuntungannya sendiri.

Baca: Resiko dan keuntungan investasi emas.

Pilih Emas Batangan, Perhiasan, Atau Dinar Untuk Investasi?

Kekurangan dan Kelebihan Emas Batangan
Kelebihan emas batangan:
1. Terhindar dari PPN (pajak pertambahan nilai), sampai saat ini belum ada regulasi perpajakan dari pemerintah yang mengatur tentang pajak emas batangan, jadi jika anda membeli emas batangan maka akan terhindar dari PPN. Perlu anda ketahui bahwa pajak itu juga merupakan salah satu biaya yang tinggi, jadi sangat materiil sekali dalam menurunkan keuntungan. Tapi karena emas batangan tidak dikenai PPN, maka keuntungan yang anda peroleh nantinya akan lebih tinggi. Tentu hal ini sangat menguntungkan sekali bukan?

2. Nilai jual kembali yang tinggi, semua bentuk emas memang memiliki nilai jual kembali yang tinggi, tapi untuk emas batangan ini memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi daripada emas perhiasan, dan nilai jual kembali tersebut setara dengan dinar emas.

3. Tidak terdapat biaya cetak, ketika anda membeli emas batangan maka harga emas tersebut tidak termasuk biaya cetak, sehingga harga lebih murah. Dengan begitu biaya yang harus anda keluarkan lebih rendah, ingat biaya cetak itu mahal sekali lho. Tapi dengan syarat, emas batangan yang anda beli dalam unit kiloan.

4. Aman dan pilihan terbaik untuk investor, banyak investor yang menilai bahwa investasi emas batangan ini dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi serta tingkat keamanan yang tinggi. Ketika anda membeli emas batangan, nanti anda juga akan mendapatkan sertifikat yang memberikan tanda bahwa emas tersebut asli, hal ini termasuk nomor id, tingkat kadar emas, ukuran dan berat emas.

Kekurangan emas batangan:
1. Tidak banyak pihak yang menjualnya, artinya anda memiliki pilihan yang terbatas dalam menentukan tempat dimana anda akan membeli emas. Tapi jika anda ingin membelinya, anda dapat membeli langsung di PT. Aneka Tambang Tbk. PT. Aneka Tambang (Antam) ini merupakan tempat membeli emas yang terpercaya, jadi jangan kuatir untuk membelinya disitu.
Advertisement


2. Kendala ukuran, umumnya emas batangan ini dibeli secara kiloan, 1 kg biasanya. Nah, karena ukurannya ini, anda tentu butuh tempat menyimpanan yang aman, dan jika anda memutuskan untuk menyimpannya di bank maka siap-siap untuk mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu, emas batangan kiloan ini juga sulit dijual kepada sesama pemilik emas batangan. Dan jika anda membeli emas batangan dalam unit kecil (bukan kiloan), nanti anda juga akan dikenai biaya cetak yang cukup mahal.

Kekurangan dan Kelebihan Emas Perhiasan
Kelebihan emas perhiasan:
1. Sarana investasi sekaligus meningkatkan prestise, seperti yang saya singgung diatas bahwa emas perhiasan ini kurang diminati oleh para investor emas, dan lebih memilih emas batangan. Walaupun begitu, emas perhiasan ini juga cukup menarik untuk menghiasi tubuh anda, khususnya para wanita. Anda tentu akan dinilai “wahh” jika memakai emas perhiasan yang cantik nan jelita, apalagi jika emas yang memiliki nilai seni dan terlihat mahal, tentu akan meningkatkan derajat social anda. Setelah anda bosan dengan emas perhiasan yang anda miliki, atau anda sedang kesulitan keuangan, anda pun dapat menjual emasnya tersebut.

Kekurangan emas perhiasan:
1. Harga yang lebih mahal, kalau dibandingkan dengan emas batangan per gram nya, tentu emas perhiasan ini memiliki harga yang jauh lebih mahal. Kenapa? Hal ini disebabkan karena dalam harga emas perhiasan ini termasuk pula biaya cetak/pembuatan, dan semakin bagus emasnya, semakin rumit pembuatannya, semakin exclusive, maka harganya pun akan jauh lebih mahal lagi.

2. Nilai jual kembali yang kurang menguntungkan, nilai jual kembali emas perhiasan sering kali kurang begitu menguntungkan, malah bisa menurun. Kenapa? Ini karena ketika anda menjual emas perhiasan, maka pembeli tersebut sudah tidak memperhitungkan biaya cetak/pembuatannya lagi, jadi si pembeli tersebut hanya akan memperhitungkan kadar emas dan berat emasnya saja. Sial sekali bukan?

3. Dikenai PPN, sialnya lagi bahwa emas perhiasan ini akan terkena PPN sebesar 10% juga, tentu hal ini akan sangat tidak menguntungkan bagi anda.

Baca juga: Pilih emas putih, emas kuning, atau platinum.

Kekurangan dan Kelebihan Dinar Emas
Kelebihan dinar emas:
1. Nilai jual kembali yang tinggi, hal ini sama dengan emas batangan yang memiliki nilai jual yang tinggi sehingga akan dapat memaksimalkan potensi keuntungan.

2. Sangat likuid, artinya sangat mudah dicairkan menjadi uang dengan menjualnya, hal ini disebabkan karena dinar emas cukup mudah dalam jual-belinya.

Kekurangan dinar emas:
1. Terkadang harga dinar emas juga lebih mahal, ini disebabkan beberapa dinar emas dinilai memiliki nilai keunikan dan seni, sehingga harganya dapat melambung tinggi. Tapi hal ini juga bisa menjadi keuntungan tersendiri jika anda yang memilikinya.

2. Dikenai PPN, dinar emas ini juga dikenai PPN sebesar 10% sama halnya dengan emas perhiasan, hal ini dikarenakan di Indonesia dinar emas masing dianggap sebagai suatu perhiasan, jadi wajar jika masih terkena PPN.

3. Biaya cetak/pembuatan, ini juga sama dengan emas perhiasan yang masih memerlukan biaya cetak/pembuatan yang lumayan mahal, sehingga harganya pun dapat lebih mahal lagi.

Selanjutnya: Tips dan cara investasi emas - berkebun emas.
----
Itulah sedikit ulasan tentang emas batangan, emas perhiasan dan juga dinar emas yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan. Saya tidak bisa memberikan saran kepada anda, saya hanya bisa memberikan ulasan ini, semua keputusan ada ditangan anda, mau pilih emas batangan, emas perhiasan, atau dinar emas untuk investasi anda. Pastikan bahwa emas yang akan anda beli sesuai dengan tujuan dan hasil yang anda harapkan. Oke, semoga investasi emas anda sukses dan dapat memberikan keuntungan seperti yang anda harap-harapkan selama ini.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon