5 Kebiasaan Kecil Yang Akan Membuat Kamu Sukses

Advertisement
5 Kebiasaan Kecil Yang Akan Membuat Kamu Sukses – Setiap orang memiliki ukuran kesuksesan yang tentu saja berbeda-beda, ada yang mengukur kesuksesan dengan gaji yang besar, pangkat yang tinggi, mencapai cita-cita, dan sebagainya. Tapi satu yang jelas, kesuksesan tidak akan datang tanpa kerja keras. Bagaimana bentuk kerja kerasnya, itu juga dapat beraneka ragam seperti pepatah yang mengatakan “Banyak jalan menuju Roma”.

Banyak jalan pula untuk mencapai kesuksesan seperti yang kamu inginkan, mulai dari langkah besar hingga hal-hal kecil dapat menuntunmu menggapai puncak kesuksesan. Bisa dikatakan, langkah besar adalah cara utama, sedangkan hal-hal kecil dan sederhana merupakan penunjang yang sukar ditinggalkan karena merupakan kebiasaan.

Seperti halnya orang-orang yang memandang kesuksesan dengan cara yang berbeda, langkah besar yang diambil pun juga akan berbeda tentunya, kamu bisa mengamati dan mempelajari dari cerita orang-orang yang telah sukses, kamu akan dibuat kagum dengan cara mereka yang berbeda-beda tersebut.

Di luar langkah besar yang mereka ambil, ada satu kesamaan di antara mereka, yaitu kebiasaan. Bukan kebiasaan yang besar, hanya kebiasaan kecil dan sederhana saja. Tapi jangan salah, kebiasaan kecil dapat membuat kamu sukses dengan menunjang langkah besar yang kamu lakukan. Lalu, kebiasaan apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya.

Sebelumnya, baca juga: Tips mengatasi hambatan dan kendala dalam berwirausaha.

5 Kebiasaan Kecil Yang Akan Membuat Kamu Sukses

Mengatur Waktu Dengan Baik
Waktu takkan pernah bisa kamu rekayasa karena sangat tidak mungkin untuk dipercepat maupun diperlambat, kamu hanya bisa mengatur dan manage dengan sebaik mungkin. Pernah merasa berantakan karena waktu terasa berlalu sangat cepat? Atau merasa bosan karena waktu terasa amat lama? Itulah waktu yang harus kamu manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Mengatur waktu dengan baik, sangat memungkinkan untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan baik pula. Mengalokasikan waktu yang cukup, akan membuat kamu tenang dan nyaman dalam melakukan sesuatu hal, contohnya adalah ketika kamu berangkat sekolah. Kalau waktunya sudah mepet, saya yakin kamu akan tergesa-gesa dan kurang hati-hati, dan bahayanya adalah mengalami kecelakaan.

Lain cerita jika kamu tahu bahwa waktu masih banyak, kamu akan santai di jalan dan tak perlu tergesa-gesa, kehati-hatian pun akan lebih tinggi sehingga mengurangi potensi kecelakaan.

Tidak Suka Menunda Kewajiban
Beruntunglah kamu jika merasa risih ketika menunda kewajiban atau tugas, itu adalah tanda yang bagus. Tapi jika cuma merasa risih saja dan terus menunda-nunda, akhirnya juga percuma saja. Dengan sering menunda kewajiban dan tugas, itu akan membuat kamu berantakan, dan akhirnya kewajiban dan tugas takkan terlaksana dengan maksimal.

Salah satu kebiasaan kecil yang dapat membuat kamu sukses adalah dengan tidak menunda kewajiban, tugas, dan apa yang harus dilakukan, ini sangat berkaitan pula dengan masalah waktu dan hasil akhirnya. Seseorang akan lebih produktif ketika tugas dan kewajibannya terlaksana sesuai jadwalnya.
Advertisement


Saya yakin kamu pasti juga pernah menunda tugas atau kewajiban, kalau merasa masih punya waktu banyak pasti lebih memilih menundanya, iya gak sih? Boleh saja sebenarnya kamu menunda suatu hal, tapi dengan syarat karena harus mengerjakan hal lain yang lebih urgent, tapi kalau alasannya untuk nge-game atau bermain, mari pikirkan lagi karena nge-game dan bermain bukanlah hal utama untuk mengejar kesuksesan.

Artikel menarik: 5 kesalahan persepsi bisnis yang perlu kamu benahi.

Daftar Prioritas Tugas
Calon orang-orang sukses mampu memprioritaskan urusan berdasarkan urgensi sesuai dengan rencananya, mampu melaksanakan mana yang lebih penting dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu. Sebuah catatan kecil akan membantu kamu melakukan hal tersebut.

Ketika malam hari, sempatkanlah membuat rencana untuk hari berikutnya, prioritaskan dan buatlah daftar kegiatan atau rencana mana yang akan dilakukan terlebih dahulu, atur waktunya dan sesuaikan dengan kegiatan lainnya agar tidak berantakan, catat di kertas kecil atau di smartphone kamu. Hal ini sangat simple dan mudah, tapi efeknya ampuh banget, udah terbukti lho :D

Dengan membuat daftar prioritas tugas juga akan mempermudah kamu dalam mengatur waktu, mempercepat selesainya pekerjaan, serta sangat mungkin pekerjaan akan terlaksanan dengan baik. Saya yakin dalam satu hari kamu tidak bisa terus menerus melakukan tugas dan rencana, maka aturlah kegiatan untuk sedikit refreshing dan bermain bersama teman atau sang pujaan hati, tapi ingat jangan berlebihan.

Menjaga Pikiran
Saya merasa, pikiran adalah hal yang paling dalam di dunia ini, pikiran mampu membuat kamu menjadi orang yang kuat, depresi, lesu, semangat, dan sebagainya, semua kondisi yang kamu alami akan bermula pada pikiran yang kamu miliki. Bayangkan jika kamu tidak bisa menjaga pikiran kamu tetap tenang dan bersih, serta tidak bisa terhindar dari hal-hal yang negative, yakin pekerjaan kamu akan selesai dengan baik? Saya kira tidak.

Jadi, kebiasaan menjaga pikiran tetap bersih, tenang, serta tidak mudah “terjangkit” hal-hal yang negative adalah sangat baik. Contoh saja, ketika kamu mengalami kegagalan, janganlah berlarut-larut akan kesedihan dan kekecewaan karena ini juga akan berpengaruh pada pikiran kamu. Kamu harus membiasakan diri berpikiran optimis, yakin, dan tenang, jangan biarkan pikiran kamu tenggelam dalam kegelapan.

Kebiasaan Terakhir, Ber-Empati
Ketika kamu bisa merasakan apa yang orang lain rasakan, maka kamu adalah orang yang ber-empati, dan ini sangat baik untuk bersosialisasi pada lingkungan hidup kamu. Bersosialisasi akan menyeimbangkan antara usaha dan kerja keras kamu dengan hubungan di lingkungan, baik tempat di mana kamu bergaul, bekerja, dan tempat kamu berinteraksi dengan orang lain.

Kamu akan buta ketika tidak memiliki rasa empati, kamu hanya akan mementingkan diri sendiri dan tidak terlalu peduli dengan dampak yang diterima oleh orang lain. Ketika kamu mengejar gaji yang besar, pangkat yang tinggi, penghasilan yang besar, menggapai cita-cita, kamu akan menghalalkan segala cara, apa itu baik? Sangat tidak baik tentunya..

Mari kita bijak dalam menggapai kesuksesan, ber-empati adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan.

Selanjutnya: Cara membangun mental bisnis yang kuat.
----
Di atas adalah ulasan tentang 5 kebiasaan kecil yang akan membuat kamu sukses, semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kamu dalam menggapai kesuksesan yang kamu idam-idamkan selama ini. Good luck.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon