Kumpulan Investor (VC) Yang Siap Memodali Bisnis StartUp Kamu

Advertisement
Kumpulan Investor (VC) Yang Siap Memodali Bisnis StartUp Kamu – Bisnis tanpa kehadiran investor memang sangat sulit dilakukan, walaupun ada beberapa orang sukses berbisnis tanpa bantuan investor (VC = Venture Capital), tapi kehadirannya ini jelas akan mempermudah kamu dalam berbisnis, lebih hemat waktu, dan kebanyakan lebih efektif. Di indonesia sendiri, ada banyak bisnis startup yang dibantu oleh Venture Capital, semisal Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu juga punya bisnis dan perlu suntikan modal, kamu pun dengan mudah bisa mencari para investor tersebut untuk memodali bisnis kamu, asalkan bisnis yang kamu rintis memiliki kreatifitas, keunikan, dan target pasar jelas, sudah tentu para investor tersebut sangat bersedia memberikan dananya. Di sini besaran dananya gak tanggung-tanggung ya, mulai dari ratusan juta hingga ratusan miliar, bahkan ada investor/venture capital yang bersedia memberikan dana lebih dari 1 Triliun.

Besaran dana yang akan diberikan memang tergantung dengan sejauh mana bisnis startup kamu berkembang, semakin berkembang maka semakin besar pula dana yang akan diberikan. Dan perlu kamu tau, tidak semua investor mau dan mampu memberikan dana besar, begitu pula tidak semua investor mau memberikan dana kecil, mereka biasanya memiliki spesialisasi tahapan investasi sendiri-sendiri.

Nah, bagi kalian yang bener-bener sedang membutuhkan investor untuk memodali bisnis startupnya, list kumpulan investor di bawah ini mungkin bisa kamu coba, berikut ini listnya:

Kumpulan Investor (VC) Yang Siap Memodali Bisnis StartUp Kamu

East Ventures
East Ventures merupakan venture capital yang dipimpin oleh Willson Cuaca, Batara Eto, Chandra Tjan, dan Taiga Matsuyama. Investor ini menyediakan dana yang besar untuk para pebisnis startup, mulai dari tahapan investasi Seed, Seri A, Seri B, Seri C, hingga Seri D.

Apa itu Seed, Seri A, Seri B, Seri C, dan Seri D? Itu merupakan tahapan investasi (besaran dana yang diberikan), lebih lengkapnya baca disini: 5 jenis tahapan investasi bagi bisnis startup.

Diketahui, East Ventures ini sangat aktif dalam memberikan dana kepada beberapa pebisnis startup di indonesia dan Singapore yang saat ini sudah memiliki nama besar, beberapa di antaranya pernah diberikan kepada Traveloka, Tokopedia, Redmart, AppsFoundry, PriceArea, Nightspade, BerryBenka, Bilna, dan UrbanIndo.

Cyber Agent Ventures
Cyber Agent Ventures merupakan perusahaan investasi asal jepang yang dipimpin oleh Takahiro Suzuki dan Steven Vanada. Sama halnya dengan East Ventures, Cyber Agent Ventures juga mampu memberikan pendanaan investasi hingga Seri D.

Kendati berasal dari Jepang, namun Venture capital ini juga memiliki kantor cabang di Jakarta, dan diketahui cukup aktif dalam memberikan modal kepada pebisnis startup di Indonesia. Beberapa di antaranya yang pernah disuntik dana oleh Cyber Agent Ventures adalah Kurio, HarukaEdu, e-commerce perlengkapan bayi Bilna, perusahaan game Touchten Studios, e-commerce fashion VIP Plaza, dan marketplace online Tokopedia.

Emtek Group
Emtek Group merupakan perusahaan asal indonesia yang fokus utamanya bergerak di bidang media. Ada beberapa brand yang ada di bawah naungannya, seperti Lakupon, NexMedia, SCTV, Indosiar, dan O Channel. Saat ini, PT. Elang Mahkota Teknologi disingkat EMTEK, juga fokus memberikan dana kepada para pebisnis startup, beberapa diantaranya yang pernah didanai adalah Bukalapak, Bobobobo, dan Kudo. Tidak diketahui secara pasti berapa besaran dana yang diberikan, namun menurut kabar dana yang diberikan adalah investasi tahap Seri A.
Advertisement


Rebright Partners
Rebright Partners adalah perusahaan yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara dan berbasis di Singapore dan Jepang, serta saat ini telah memberikan dana kepada pebisnis startup di beberapa negara termasuk 6 negara di Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

Rebright Partners fokus pada pendanaan tahap awal, yaitu Seed dan Seri A. Di indonesia sendiri, startup yang pernah tercatat didanai olehnya adalah Qraved, AturDuit, IndoTrading, dan AdsKom.

IMJ Investment Partners
Pada awalnya, IMJ Investment Partners hanya fokus berinvestasi pada bisnis startup di Amerika dan Jepang saja. Namun sekarang telah hadir di Indonesia dan tercatat terlibat pada beberapa pendanaan investasi. Sama halnya dengan Rebright Partners, IMJ Investment Partners lebih fokus pada pendanaan tahap Seed dan Seri A saja.

IMJ Investment Partners dipimpin oleh Yuji Horiguchi dan Yasuhiro Seo. Di Indonesia sendiri kedudukannya ada di Jakarta, dan telah berinvestasi pada beberapa startup, di antaranya adalah Urbanindo, iMoney, 8Villages, Bukalapak, dan Klik-eat.

Convergence Ventures
Ini merupakan perusahaan Venture Capital yang didirikan oleh Adrian Li and Donald Wihardja, dan merupakan bagian dari Bakrie Group. Convergence Ventures juga fokus pada investasi tahap Seed dan Seri A dengan menyediakan dana lebih dari 300 Miliar rupiah. Sampai saat ini, bisnis startup yang pernah disuntik dana adalah IndoTrading, Qraved, MalesBanget, dan Female Daily Network.

Gree Ventures
Gree Ventures adalah venture capital asal jepang yang fokus pada pendanaan hingga Seri D dengan menyediakan dana lebih dari 650 Miliar rupiah. Perusahaan ini dikepalai oleh Yusuke Amano, Tatsuo Tsutsumi, dan Naoki Aoyagi.

Hingga saat ini, ada beberapa perusahaan startup yang telah didanai oleh Gree Ventures, diantaranya adalah PriceArea, Urbanindo, Luxola, Bukalapak, Berrybenka dan Kudo.

Ideosource
Ideosource dipimpin oleh Andi S. Boediman, Soegianto Wiyono Sugialam, dan Edward Ismawan Chamdani, mereka semua adalah orang-orang berpengalaman di bidang teknologi di Indonesia. Sampai saat ini, Ideosource fokus investasinya pada tahapan Seed dan Seri A dengan menyediakan dana sebesar 13 Miliar rupiah.

Beberapa startup yang pernah didanai oleh Ideosource adalah PasarMinggu, Kelir TV, Female Daily Network, Orori, TouchTen, Saqina dan Kark.

Masih Banyak Lagi
Selain investor dan venture capital di atas, masih ada banyak lagi kumpulan investor yang siap memodali bisnis startup kamu, di antaranya adalah Transcosmos, Golden Gate Ventures, Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), Aucfan, Mountain Kejora Ventures, SB-ISAT, Monk’s Hill Ventures, dan Skystar Capital. Perusahaan-perusahaan venture capital ini telah tercatat pernah mendanai bisnis startup di Indonesia.

Selain mencari investor lewat Venture Capitals di atas, kalian juga bisa mencarinya dengan cara lain, lho. Selengkapnya baca di sini: Cara mencari investor untuk memodali bisnis kamu.
----
Oke, itulah list kumpulan investor (venture capital) yang siap memodali bisnis startup kamu. Semoga artikel di atas bermanfaat dan membantu kamu menemukan investor terbaik. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon