Prediksi: 7 Peluang Bisnis Yang Tidak Ada Matinya, Ini Patut Kamu Coba!

Advertisement
Prediksi: 7 Peluang Bisnis Yang Tidak Ada Matinya – Masih ingat dengan bisnis wartel (warung telepon), atau bisnis tanaman gelombang cinta? Beberapa tahun lalu bisnis ini sangat digandrungi oleh banyak orang, tapi sekarang musnah ditelan bumi. Yang baru-baru ini terjadi adalah bisnis batu akik, kini peminatnya lesu dan sepi kayak kuburan. Ini merupakan contoh bisnis yang peluangnya hanya sekejap mata, sebaiknya jangan terlalu serius dengan bisnis seperti ini.

Semua orang tentu menginginkan untuk memiliki bisnis yang peluangnya tak lekang oleh perkembangan jaman, banyak yang memutar-mutar otak mencari bisnis ideal yang peluangnya tidak akan pernah mati. Pertanyaannya, adakah bisnis seperti itu? Ya, ada! Saya sendiri memiliki prediksi bahwa beberapa bisnis memiliki peluang yang tidak akan pernah mati.

Kalau kamu niat serius dan memikirkan jangka panjang, tentu akan mengutamakan bisnis yang bisa bertahan lama dan awet. Mungkin akan ada banyak hambatan karena pasti ada banyak pesaingnya pula, tapi bukan berarti kamu tidak bisa, kamu memiliki potensi besar untuk mengalahkan para pesaing yang ada apalagi kalau kamu memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi.

Nah, berbicara tentang bisnis yang tidak ada matinya dan memiliki peluang besar, saya memiliki beberapa listnya, silahkan simak berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Peluang bisnis online.
Prediksi: 7 Peluang Bisnis Yang Tidak Ada Matinya

Bisnis Makanan dan Minuman
Sampai saat ini saya masih berpikir bahwa makanan dan minuman ini tidak akan pernah mati di telan oleh perkembangan jaman, karena ini merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Siapa coba yang tidak butuh makan dan minum? Tentu semuanya membutuhkannya.

Semua orang pasti mengalami jenuhnya makanan dan minuman yang disediakan di rumah, kemudian mencarinya di luar untuk mendapatkan kuliner yang diinginkannya, apalagi bagi keluarga muda yang kebanyakan mencari kuliner di luar karena tidak bisa masak atau demi kepraktisan. Selain itu, gaya hidup “nongkrong” juga turut serta menjadi penyebab makin membesarnya peluang bisnis kuliner ini.

Coba deh kalian amati daerah di sekitaran kamu tinggal, saya yakin sangat banyak kuliner yang dijajankan, entah itu skala besar maupun kecil sekelas PKL. Hebatnya, kalau di amati kuliner tersebut kebanyakan laku, iya ga? Inilah fenomena bisnis kuliner yang sangat besar peluangnya, selain itu bisnis makanan dan minuman ini juga bisa dirintis dengan modal yang tidak terlalu besar lho.

Baca ini: Cara memulai bisnis kuliner.

Tapi yang perlu kamu ingat, di dunia bisnis kuliner ini cukup sensitif dengan isu-isu yang terjadi di masyarakat, contohnya isu halal-haram, isu formalin dan borak, bahan oplosan, serta isu lainnya. Jadi, kalau kamu tertarik dengan bisnis makanan dan minuman, pastikan isu-isu seperti ini bisa kamu atasi dengan baik.

Bisnis Fashion
Yang kedua, bisnis yang tidak ada matinya selanjutnya adalah bisnis di bidang fashion. Ini sama halnya dengan bisnis makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Sampai saat ini saya juga belum bisa memikirkan apa yang bisa menggantikan pakaian?

Dalam setaun, berapa kali kalian belanja pakaian? 5, 10, 15, atau 20 kali, hayo ngaku? Apalagi dalam sekali belanja gak cuma 1 pakaian yang dibeli. Kebiasaan kita ini menggambarkan bahwa pakaian selalu dibutuhkan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis di bidang ini, mulai dari ambil produk orang lain, reseller, atau membuat produk sendiri, semuanya memiliki potensi yang besar. Tapi, kalau menurut saya tantangan yang paling besar adalah masalah bahan yang cukup mahal dan lokasi.
Masalah bahan, pintar-pintarlah menekan biaya, kamu benar-benr perlu memperhatikan masalah bahan karena sekarang banyak yang sadar akan pentingnya kualitas. Sedangkan masalah lokasi, tidak akan ada masalah jika kamu jualan online, yang penting marketingnya bagus saja. Tapi kalau offline, perlu dipertimbangkan matang-matang karena banyak orang yang enggan membeli jika lokasinya tidak prestisius.
Advertisement


Bisnis Aplikasi Teknologi
Nah, kalau ini memang sedang naik daun, sekarang lagi jamannya teknologi, apa-apa sudah mulai bisa dilakukan dengan bantuan teknologi yang mutakhir. Tapi di sini yang saya maksudkan bukan hanya hiburan saja seperti game yang mudah ditinggalkan, tapi lebih ke kebutuhan yang bisa dibantu dengan teknologi seperti aplikasi pembayaran, peta, review restauran, dan sebagaianya.

Tapi perlu ditekankan di sini, bisnis di bidang aplikasi teknologi sangat cepat perkembangannya, bulan lalu buming bisa saja bulan depan sudah sepi. Ini bukan berarti mati peluangnya, hanya saja butuh inovasi yang tinggi dan cepat. Masih ingat Friendster yang digusur oleh Facebook dan Twitter? Ini ranahnya sama, pasarnya Friendster tidak mati hanya saja dikalahkan oleh Facebook dan Twitter yang bisa berinovasi lebih baik.

Bisnis Bahan Bangunan
Entah kenapa saya memasukkan bisnis ini sebagai peluang bisnis yang tidak ada matinya. Tapi menurut saya bisnis ini memang pantas dimasukkan karena saya menilai manusia juga selalu butuh bahan bangunan untuk membangun rumah, kantor, toko, dan sebagainya. Gak hanya butuh saja tapi skala dan kuantitasnya juga besar.

Kalau kamu lihat, banyak sekali perumahan-perumahan yang sedang dibangun, pasangan muda juga sering membangun rumah, apalagi yang sedang merenovasi rumahnya, semuanya butuh bahan bangunan yang tidak sedikit.

Hanya saja, untuk memulai bisnis ini cenderung butuh modal yang lumayan banyak, belum lagi keanekaragaman bahan bangunan akan menjadi kendala tersendiri. Di sini kamu memang perlu kejelian menekan biaya modal dan memilih jenis bahan bangunan yang paling dibutuhkan di daerah sekitar.

Bisnis Pelayanan Kesehatan
Saya tidak mendoakan orang-orang untuk sakit, tapi cukup rasional jika saya mengatakan bahwa tidak semua orang akan selalu sehat. Jika dilihat dari segi bisnis, bidang ini memang memiliki peluang yang cukup besar, apalagi masalah kesehatan ini akan selalu dibutuhkan oleh semua orang.

Tapi untuk memulainya ada dua hambatan, yaitu modal yang cukup besar dan keahlian yang harus mumpuni. Masalah modal tidak begitu sulit, tapi untuk masalah keahlian ini diperlukan dedikasi yang lebih besar karena hanya orang-orang tertentu saja yang memilikinya, apalagi butuh belajar bertahun-tahun.

Bisnis Pendidikan
Sama halnya dengan pelayanan kesehatan, bidang pendidikan juga sangat penting bagi umat manusia, siapa coba yang tidak butuh pendidikan? Ini bukan jaman penjajahan lagi, semua orangtua pasti memikirkan pendidikan terbaik bagi putra dan putrinya.

Di sini pendidikan tidak hanya pendidikan formal saja, tapi pendidikan non-formal juga termasuk, contohnya kursus komputer, bahasa asing, les privat, dan sebagainya. Kalau kamu ahli dalam bidang tertentu, kamu bisa membuka semacam kursus atau pelatihan. Hebatnya, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Bisnis Pulsa
Pulsa ini bagaikan bahan bakar untuk memfungsikan secara maksimal semua gadget, gak ada pulsa bisa lumpuh bos. Sudah pasti semua orang butuh pulsa, bisa untuk komunikasi, akses internet, beli aplikasi, dan lain-lain. Sampai saat ini saya juga tidak tau apa yang bisa menggantikan pulsa, jelas bahwa bisnis pulsa ini salah satu peluang bisnis yang tidak ada matinya, setidaknya sulit dimatikan.
----
Nah, itulah prediksi saya terkait peluang bisnis yang tidak ada matinya, namanya saja prediksi jadi bisa salah atau bisa juga benar. Kalian punya prediksi sendiri? Share kepada saya dengan berkomentar ya, dan jangan lupa untuk share artikel ini juga, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon