Alasan Kenapa Bisnis Orang Tionghoa Selalu Sukses dan Mudah Berkembang

Advertisement
Alasan Kenapa Bisnis Orang Tionghoa Selalu Sukses dan Mudah Berkembang – Kalian berpikir bahwa orang tionghoa selalu sukses dalam berbisnis? Kalau iya, kalian tidak sendirian karena ada banyak orang yang berpikiran demikian. Hal tersebut memang benar, orang tionghoa sangat berbakat dalam berbisnis, seolah-olah selalu berhasil dalam mengembangkan sesuatu. Apa mereka benar-benar hebat?

Tentu saja mereka hebat, saya sendiri sebagai orang jawa asli sangat bangga dengan orang-orang tionghoa yang sukses dalam mengembangkan bisnisnya. Bahkan dalam mengamatan saya, saya tidak pernah melihat orang tionghoa yang miskin, bukankah ini luar biasa?

Tapi, di balik kesuksesan mereka tersebut, tentu ada kerja keras yang luar biasa pula. Perlu diketahui, mereka meraih kesuksesan tidak instan, butuh perjuangan, kerja keras, dan kesabaran. Hal ini berkaitan dengan budaya dan gaya berbisnis mereka, dan gaya mereka ini bisa kalian tiru untuk meraih kesuksesan sama seperti sahabat-sahabat tionghoa kita.

Lalu, apa saja sih sebenarnya budaya dan gaya berbisnis yang menyebabkan orang tionghoa selalu sukses berbisnis? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, saya sudah membuatkan ulasannya, silahkan simak ulasannya di bawah ini:

Sebelumnya, baca juga: Ancaman di bisnis laundry, waspadai ini!

Alasan Kenapa Bisnis Orang Tionghoa Selalu Sukses dan Mudah Berkembang

Mereka Sudah Belajar Bisnis Sejak Dini
Di keluarga tionghoa, mereka memiliki sebuah tradisi di mana ketika memiliki anak, mereka akan melibatkan secara langsung anaknya tersebut dalam bisnis keluarga, tidak hanya melihat saja tapi bener-bener menyentuh bisnisnya. Tidak semua keluarga sih, tapi kebanyakan seperti itu, hal ini tentu saja akan membuat si anak mengerti dunia bisnis ketika masih sangat muda.

Selain mengerti dunia bisnis, si anak juga akan terlatih mentalnya sehingga ketika dewasa sudah tidak grogi lagi dalam menghadapi hambatan di dunia bisnis. Kalau sudah terbiasa, apapun situasinya pasti tidak akan terasa terlalu sulit.

Biasanya, anak-anak tionghoa memiliki dua pilihan, mau melanjutkan bisnis keluarga atau merintis bisnis sendiri. Di sini, apapun jalan yang diambil akan menguntungkan mereka karena memang sejak kecil sudah familiar dengan tantangan yang ada.

Me-nomor satu-kan Pelanggan
Pelanggan adalah raja, semboyan tersebut selalu diagung-agungkan oleh pengusaha tionghoa. Mereka sangat menyadari bahwa tanpa pelanggan, mereka tidak akan bisa melakukan apapun. Mereka akan selalu memprioritaskan pelanggan daripada untung besar yang sesaat, lihat saja sepertinya kebanyakan produk dari pengusaha tionghoa harganya murah-murah, setidaknya mereka tidak akan mengambil keuntungan yang tidak wajar.

Selain itu, mereka juga akan selalu berusaha menyediakan semua barang yang kemungkinan akan dibutuhkan oleh pelanggan, jadi jangan heran kalau mereka selalu memiliki jenis produk yang beranekaragam. Bagi mereka, menjawab pelanggan dengan jawaban “oh, kami tidak punya” itu adalah dosa besar. Dengan begitu, pelanggan akan tau bahwa mereka bisa menyediakan apapun yang pelanggan butuhkan, alhasil pelanggan akan kembali kepada para pengusaha tionghoa.

Administrasi Keuangan Yang Baik
Dalam berbisnis, administrasi memang sangat penting untuk digunakan dalam menganalisis bisnis. Dengan administrasi keuangan yang baik, pengusaha dapat mengetahui secara detail kondisi keuangannya sehingga akan mempermudah dalam menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

Yang jadi masalah, banyak pengusaha yang menganggap bahwa administrasi keuangan yang baik itu dilakukan setelah bisnis berkembang saja. Padahal pemikiran seperti itu sangat salah, dan hebatnya para pengusaha tionghoa ini menyadari hal tersebut sehingga sedari dulu bisnisnya mudah untuk berkembang.

Kalau tau kelemahannya, maka mudah untuk memperkuatnya. Kalau tau potensinya, maka akan mudah untuk memaksimalkannya, nah itulah manfaat nyata dari administrasi keuangan yang baik. Jika administarsi bisnis kalian masih berantakan, cobalah untuk memperbaikinya dan rasakanlah manfaatnya tersebut.
Advertisement


Tidak Akan Bersenang-senang Sebelum Sukses
Salah satu hal yang membuat saya kagum dengan saudara/i kita para pengusaha tionghoa adalah mereka akan menahan dengan tidak menggunakan keuntungannya untuk bersenang-senang semata, mereka lebih memilih menggunakannya untuk mengembangkan bisnisnya. Di awal-awal merintis usaha, mereka bener-bener hidup pas-pasan, yang penting cukup saja dan sisanya dialokasikan untuk bisnis.

Kalau hanya untuk ganti motor, ganti gadget, beli rumah, mobil, dan sebagainya, mereka tidak akan memikirkan hal tersebut, toh kalau sukses nanti mereka bisa membeli semua itu. Nah, pemikiran seperti inilah yang efeknya benar-benar luarbiasa.

Kalau kalian saat ini sedang merintis usaha, dan kebetulan memperoleh keuntungan, cobalah menggunakan secukupnya untuk biaya hidup, kemudian sisanya dialokasikan ke bisnis. Kalau tidak begitu, kapan bisnis kalian bisa cepat berkembang? Cobalah berkorban sebentar dengan menahan nafsu foya-foya.

Belajar Tak Pandang Bulu
Alasan selanjutnya kenapa bisnis orang tionghoa selalu sukses adalah karena mereka mau belajar di manapun, kepada siapapun, dan kapanpun. Perlu kamu tau, di dunia bisnis pasti akan ada hal yang perlu kamu pelajari lagi dan lagi, apalagi kalau kalian berbisnis di bidang yang tidak kamu kuasai, pasti diperlukan pembelajaran yang ekstra.

Nah, cobalah tiru saudara/i kita para pengusaha tionghoa ini yang selalu belajar kepada orang kompeten di bidangnya, mereka rela berkorban waktu untuk belajar dan ujicoba. Alhasil, mereka mampu mendapatkan ilmu-ilmu baru yang akan membantu untuk mengembangkan sayap bisnisnya.

Berani Mengambil Risiko
Ini mungkin yang paling membedakan antara orang asli indonesia dengan orang tionghoa dalam berbisnis (walau tentu tidak semuanya), orang tionghoa cenderung lebih berani dalam mengambil risiko. Kalian mungkin juga pernah mengalami situasi di mana kalian sudah memikirkan suatu hal, sudah mantap di hati, tapi tidak jadi dilakukan karena ada risiko kegagalan, apa saya benar?

Hal ini berbeda jauh dari kebanyakan orang tionghoa, mereka kalau sudah menganalisis suatu hal dan mantap di hati, sebesar apapun risikonya pasti akan dilakukan juga. Mereka sadar, semua langkah itu pasti ada risikonya, kalau sudah dianalisis dan mantap di hati, kenapa tidak dilakukan? Apa kau tau, di balik risiko yang besar pasti ada potensi yang besar pula? Ini tergantung bagaimana kalian menghadapinya.

Memiliki Etos Kerja Luar Biasa
Pengusaha tionghoa juga memiliki etos kerja yang luar biasa, mereka tidak akan membuang waktu untuk hal-hal tidak positif yang tidak ada hubungannya dengan bisnis yang sedang mereka rintis. Memang seperti inilah seharusnya pengusaha itu, harus ada manajemen waktu yang baik, pintar-pintar atur jadwal, ada target pencapaian, evaluasi, dan sebagainya.

Mungkin terlihat sederhana, namun hal-hal tersebut akan memaksimalkan kerja keras yang akan kalian lakukan. Di sini yang penting adalah kedisiplinan dan konsistensi.

Selanjutnya: Sikap Nabi Muhammad dalam berbisnis, tirulah ini!
----
Nah, itulah beberapa ulasan mengenai alasan kenapa bisnis orang tionghoa selalu sukses, cobalah untuk meniru cara-cara mereka ini dan semoga saja bisnis kalian turut semakin berkembang lebih besar lagi seperti yang kalian inginkan. Oh iya, jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon