5 Langkah Cerdas Menyisihkan Gaji Untuk Ditabung

Advertisement
5 Langkah Cerdas Menyisihkan Gaji Untuk Ditabung – Mengatur keuangan memang hal yang cukup sulit dilakukan bagi kebanyakan orang, apalagi ketika di masa muda. Salah satu yang paling sulit untuk dilakukan adalah menyisihkan gaji untuk ditabung. Bahkan, gaji yang kita peroleh terkadang habis di pertengahan bulan, biasanya kita lebih menghambur-hamburkan uang di awal bulan, selain itu ada-ada saja pengeluaran yang tidak direncanakan sebelumnya.

Belum lagi kalau gaji kita pas-pasan, duh rasanya kok berat banget untuk menabung. Tapi sebenarnya, baik kecil maupun besar gaji yang kita terima, kalau kalian tidak jeli dalam mengatur keuangan maka akan sama saja, bisa dipastikan kalian akan kesulitan pula dalam menyisihkan gaji untuk ditabung. Ingatlah bahwa, semakin tinggi gaji kamu maka semakin tinggi pula keinginan kamu.

Lalu, adakah cara dan langkah-langkah agar menabung itu terasa mudah? Well, ada! Saya yakin cara-cara ini ampuh untuk mempermudah dalam menabung selama kamu memiliki niat yang kuat, kalau kamu tidak punya niat yang cukup kuat maka cara apapun akan percuma saja. Nah, berikut ini cara-caranya:

Sebelumnya, baca juga: Kenalilah 4 tanda keuangan yang tidak sehat ini!

5 Langkah Cerdas Menyisihkan Gaji Untuk Ditabung

Tetapkanlah Tujuan Yang Jelas
Cara pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin sukses menabung adalah dengan menetapkan tujuan yang benar-benar jelas, kenapa? Karena hal ini secara tak langsung akan menjadi alat untuk mencegahmu dalam melakukan pemborosan. Kalau bisa, tetapkan tujuan yang benar-benar berarti untukmu, misalkan menabung untuk menikah, modal usaha, membeli rumah atau mobil, untuk pendidikan, dan sebagainya.

Setelah kamu memiliki tujuan yang jelas, tanamkan dalam diri bahwa kalau kalian gagal mewujudkan tujuan tersebut, kamu juga akan gagal sebagai manusia dan akan merugi (hehe..), agak lucu memang, namun saya kira akan efektif sebagai alat rem pengeluaran dan menambah tekad.

Tujuan ini merupakan hal yang sangat sederhana namun memiliki peran yang begitu besar, jadi pastikan kalian tidak meremehkannya. Saya sendiri tidak bisa membayangkan, kalau tidak ada tujuan, lalu ngapain melakukannya, bukankah begitu?

Tentukan Jumlah Gaji Yang Akan Ditabung
Cara selanjutnya masih berkaitan dengan cara pertama di atas yaitu dengan tegas menentukan jumlah yang akan ditabung per periode gajiannya. Kalau kalian sudah memiliki tujuan yang jelas, tentu kalian juga tau jumlah uang yang ingin dicapai, nah sekarang tinggal dibagi dengan jumlah periode gajiannya saja, hasilnya itu adalah jumlah yang harus kalian tabung. Dengan begini kalian juga akan mudah untuk mengatur pengeluaran-pengeluaran lainnya.

Kebalikannya, kalau kalian tidak bisa menentukan jumlah gaji yang harus ditabung, kalian akan kesulitan untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut, selain itu pengeluaran lainnya juga akan menjadi lebih sulit diatur. Jadi saran dari saya, tentukan jumlah gaji yang akan ditabung dengan pasti.
Advertisement


Tapi memang, terkadang ada pengeluaran tak terduga yang akan mengurangi jumlah yang harus ditabung. Ketika hal ini terjadi (semoga tidak), di periode gajian kedepan pastikan kalian bisa mengganti kekurangannya tersebut. Tidak harus diganti dalam satu periode langsung, tapi bisa dialokasikan ke dalam beberapa kali periode gajian.

Sisihkan Gajimu Ketika Baru Diterima
Cara menyisihkan gaji untuk ditabung selanjutnya adalah berkaitan dengan waktu kapan kalian menyisihkan gaji. Saya sendiri sangat yakin, kalau kalian menyisihkannya di akhir bulan, kalian akan kesulitan karena di awal bulan akan sulit mengontrol pengeluaran. Seperti yang saya sebutkan di atas, kondisi di mana gaji akan habis di pertengahan bulan pasti terjadi. Hal tersebut tentu saja tidak mencerminkan kondisi keuangan yang baik.

Bukannya kalian akan menabung, malah akan berpotensi terlilit hutang. Lalu, apa solusinya? Tentu saja, pertama kalian musti melakukan kontrol pengeluaran di awal-awal bulan, kedua di awal bulan itu juga kalian menyisihkan gaji. Dengan begitu diharapkan gaji kalian cukup sampai periode gaji berikutnya.

Buatlah Rekening Khusus
Tujuan menabung tentu untuk tidak digunakan selain untuk mencapai tujuan utama dalam menabung tersebut, oleh karena itu buatlah rekening khusus untuk tabungan kalian. Hal ini bisa membuat kalian lebih mudah dalam memisahkan tabungan dan pengeluaran.

Agar rekening tabungan kamu tidak sekedar memisahkan mana tabungan dan mana yang di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, ada baiknya kamu membuat tabungan berjangka di bank di mana kamu secara langsung maupun tak langsung dipaksa menabung oleh bank dengan fitur auto debet. Dengan tabungan berjangka pula, menabung jadi lebih mudah karena kamu tidak perlu repot-repot lagi memindahkan uang dari rekening yang satu ke rekening khusus tabungan, praktis bukan?

Disiplin Adalah Kuncinya
Sebaik apapun caranya kalau kalian tidak disiplin ya sama saja. Pada dasarnya, semua cara di atas adalah hak kontrolnya masih ada ditangan kamu, sehingga kamu bebas dalam menjalankannya. Oleh karena itu, kalau kamu tidak disiplin, berantakan sudah tujuan kamu. Saya juga menyadari bahwa godaan itu sangat sulit dilawan, apalagi untuk anak muda di mana kebutuhannya cukup beranekaragam.

Pulsa, baju baru, makan di luar, nonton, travelling, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya merupakan pengeluaran yang identik dengan anak muda dan merupakan godaan yang amat sulit dihadapi. Padahal kalau kita pikirkan dengan matang, kebutuhan seperti itu tidak terlalu penting walau terkadang cukup menghibur. Sebaiknya, aturlah dengan bijak kebutuhan seperti itu, jangan terlalu banyak dan secukupnya saja.

Selanjutnya: 5 alasan kenapa kamu wajib memiliki dana darurat.
----
Oke ya, itulah ulasan dari saya tentang langkah cerdas menyisihkan gaji untuk ditabung. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu mempermudah kamu dalam menabung. Jangan lupa share artikel ini juga ya kawan, thanks dan salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon