HOT Banget

Thursday 18 June 2015

Cara Memulai Usaha Kuliner (Membuka Bisnis Makanan & Minuman)

Advertisement
.
Cara Memulai Usaha Kuliner (Membuka Bisnis Makanan & Minuman) – Aktivitas makan dan minum bagi semua orang adalah suatu kebutuhan primer, kebutuhan yang tidak bisa di kesampingkan, apalagi ditinggalkan. Disisi lain, gaya hidup manusia juga selalu berkembang, saat ini perilaku masyarakat sudah sangat berubah jika dibandingkan dengan masa lalu, tentu saja! Dan salah satu perubahannya adalah sikap dalam memperoleh makanan dan minuman.

Dahulu kala, masyarakat lebih sering untuk membuat makanan dan minuman sendiri, namun sekarang memasak sendiri sudah menjadi aktivitas yang jarang dilakukan. Hal ini bukan tanpa sebab, perubahan ini disebabkan karena tuntutan gaya hidup yang mereka terima, mulai dari kesibukan bekerja, lingkungan, trend, dan sebagainya, jadi tidak heran lagi jika saat ini bisnis dan usaha kuliner sangat laris manis.

Anda tentu juga sudah menyadari bahwa usaha bidang kuliner ini sangat menggiurkan dengan potensi keuntungan yang tinggi, selain itu bisnis makanan minuman ini juga dinilai sebagai usaha yang memiliki risiko rendah jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Tentu hal tersebutlah yang membuat banyak orang tertarik untuk memulai usaha kuliner ini, mungkin termasuk anda juga. Coba perhatikan di wilayah anda, pasti saat ini banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran dimana-mana, mulai dari usaha kuliner kaki lima hingga restoran mewah dan kafe-kafe.

Dengan banyaknya bisnis kuliner yang bermunculan secara otomatis akan meningkatkan persaingan, namun ternyata ketatnya persaingan ini bukanlah kendala untuk para pebisnis dibidang ini, dengan inovasi dan kreativitas mereka dapat menyuguhkan menu yang unik yang dapat menarik pelanggan. Terkadang manusia itu butuh cita rasa yang baru, sehingga mereka akan mencarinya, namun beberapa waktu kemudian mereka juga dapat merasakan rindu terhadap cita rasa yang pernah mereka rasakan sebelumnya, dan mereka pun akan kembali dan kembali lagi, sehingga usaha kuliner ini seperti halnya bisnis yang tiada matinya.

Maraknya bisnis kuliner ini tentu sudah menarik perhatian anda, sehingga anda pun ingin membuka usaha kuliner sendiri. Nah untuk anda yang ingin memulai usaha kuliner, mungkin tips cara memulai usaha kuliner berikut ini dapat membantu.

Cara Memulai Usaha Kuliner, tips Membuka Bisnis Makanan & Minuman

Rencana, Jenis Kuliner dan Target
Ketika anda berpikiran ingin membuka usaha kuliner, tentu anda sudah mulai memikirkan sebuah rencana, baik rencana operasi usaha, keberlanjutan usaha, ataupun rencana perintisan itu sendiri. Rencana itu penting, akan memperjelas langkah yang dapat anda ambil, jadi jangan abaikan. Misalnya dalam proses operasi bisnis, anda harus merencanakan siapakah yang akan menjadi chef/koki, apakah anda atau orang lain, siapapun yang akan menjadi koki maka pikirkan keuntungan dan risikonya.

Jika yang menjadi chef adalah anda, pikirkan apakah anda mumpuni untuk menyediakan kuliner yang berkualitas, jika chefnya orang lain pikirkan apakah gaji chef tersebut akan memberatkan. Itulah contoh rencana-rencana yang dapat anda pikirkan sebelum anda melangkah lebih jauh.

Jenis kuliner dan target sangat berkaitan, jadi anda juga harus menentukan jenis dan target anda. Intinya anda harus menentukan terlebih dahulu kuliner seperti apa yang akan anda rintis, dan siapakah targetnya. Target ini bisa bermacam-macam, bisa berdasarkan umur ataupun status social, jika anda menargetkan status social yang tinggi, maka status social rendah akan sulit terjangkau, namun sebaliknya jika anda menargetkan social rendah maka ada kemungkinan social tinggi dapat terjangkau, contohnya adalah kuliner kaki lima/ warung-warung pinggir jalan seperti pecel lele, bakmi godok, nasi goreng, dan sebagainya.

Analisis Kelayakan Usaha
Sebelum anda memutuskan untuk memulai usaha kuliner, sebaiknya anda lakukan terlebih dahulu analisis kelayakan usaha. Hal ini penting untuk memprediksi apakah usaha dan bisnis yang akan anda didirkan layak untuk dilakukan atau tidak. Analisis ini berfungsi untuk meramal kelayakan usaha dari segi keuangan, meliputi prediksi kebutuhan modal, aliran kas, serta payback periode (waktu yang dibutuhkan untuk modal kembali). Untuk melakukan analisis ini, yang harus anda lakukan adalah menganalisis biaya investasi, biaya modal kerja, dan prediksi kas masuk.
Advertisement


Yang dimaksud dengan biaya investasi adalah biaya yang dibutuhkan untuk membiayai pendirian usaha hingga usaha tersebut benar-benar dapat berdiri. Biaya modal kerja sendiri merupakan biaya yang dibutuhkan untuk membiayai operasi usaha yang didirikan hingga usaha tersebut benar-benar dapat beroperasi. Sedangkan prediksi kas masuk dilakukan untuk mengetahui apakah usaha yang akan dijalankan akan mengalami keuntungan atau malah mengalami kerugian.

Baca selengkapnya: Studi dan analisis kelayakan usaha.

Persiapkan Modal
Setelah anda merasa bahwa usaha kuliner yang anda rencanakan layak untuk dijalankan, kini anda perlu untuk mempersiapkan sejumlah modal. Berapa perkiraan modal yang dibutuhkan dapat diketahui ketika anda melakukan analisis kelayakan usaha. Sedangkan untuk memperoleh modal sendiri ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, umumnya sih untuk mendapatkan modal anda bisa melakukan pinjaman bank atau dari tabungan, tapi selain cara tersebut masih ada beberapa cara lainnya, diantaranya adalah dengan saham, obligasi, kegiatan akademis, penjualan barang, dan lain sebagainya. Jangan minder dulu mendengar saham dan obligasi, karena ini tidak seperti saham dan obligasi yang biasa terdapat di BEI, namun lebih ke arah UKM.

Untuk lebih jelasnya, baca: Cara mendapatkan modal usaha.

Menentukan Lokasi
Langkah vital yang tidak kalah penting lainnya dalam memulai usaha adalah pemilihan lokasi bisnis. Pemilihan lokasi juga berkaitan erat dengan jenis dan target kuliner. Memang benar bahwa konsumen dapat datang sendiri di lokasi bisnis jika mereka sudah enjoy dengan kuliner anda, namun begitu tidak ada salahnya jika sejak dari awal anda mempermudah akses ke lokasi. Sebisa mungkin hindari lokasi yang menyulitkan pelanggan seperti jalan yang sempit, parkir yang tidak memadai, dan lain-lain. Ingat, pebisnis kuliner yang dapat menyediakan kualitas produk yang tinggi itu banyak, jadi setiap kelebihan dan kekurangan itu akan menjadi bahan penilaian konsumen sehingga sekecil apapun sebaiknya di sempurnakan.

Sebisa mungkin anda juga harus memilih lokasi yang potensial, seperti lokasi yang ramai, dipusat-pusat perbelanjaan, atau di pinggir jalan yang memungkinkan. Hal ini akan efektif sekali dalam meningkatkan penjualan bisnis kuliner anda.

Mempersiapkan Kebutuhan Yang Di Perlukan
Setelah semuanya matang, mulai dari rencana, jenis dan target, analisis kelayakan usaha, modal, dan lokasi, kini anda bisa melangkah ke cara memulai usaha kuliner selanjutnya, yaitu dengan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Kebutuhan yang anda perlukan bermacam-macam, mulai dari infrastruktur bangunan, peralatan dan perlengkapan, karyawan, dan sebagainya. Jika anda memutuskan untuk menggunakan koki orang lain, anda juga perlu mencarinya, dan pastikan bahwa koki tersebut benar-benar berkompeten dengan jenis kuliner anda.

Pemasaran
Pada langkah ini, bisnis anda sudah berdiri dan siap beroperasi, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemasaran sebaik-baiknya. Pemasaran yang anda lakukan harus anda lakukan secara efektif dan efisien agar dapat menekan biaya yang dikeluarkan. Nah, untuk melakukan pemasaran yang efektif dan efisien ini dapat anda lakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan memilih media iklan yang tepat, permainan pelayanan dan diskon, serta cara-cara lainnya. Cara tersebut akan efektif dan efisien sekali untuk memasarkan produk baru anda.

Baca selengkapnya: Cara memasarkan produk baru.

Dekatkan Diri Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, sebuah usaha nyata yang telah anda lakukan, ada baiknya anda juga melakukan usaha batin. Selalu berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk setiap langkah yang anda lakukan, hal ini untuk mendekatkan anda kepada Tuhan agar ketenangan serta keberuntungan selalu menyertai anda. Jadilah sosok seseorang yang sukses yang dekat dengan Tuhan Sang Pencipta.

Itulah langkah-langkah cara memulai usaha kuliner yang dapat anda lakukan, namun dalam memulai suatu usaha sebenarnya anda dapat memulainya dengan berwaralaba juga. Adapun beberapa perusahaan yang telah sukses yang menawarkan kepada public untuk berwaralaba. Baca: Daftar waralaba makanan dan minuman.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang cara memulai usaha kuliner yang dapat saya berikan kepada anda semuanya. Semoga ulasan tentang cara memulai usaha kuliner diatas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam merintis bisnis makanan dan minuman. Saya berharap semoga bisnis kuliner anda sukses selalu.
Advertisement
.

1 comment:

  1. ide ide bisnis nya keren gan. harus dicoba salah satu. thank you

    ReplyDelete

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.