HOT Banget

Monday 28 November 2016

Tips Ikut Pameran Bisnis Untuk Mempromosikan Usaha

Advertisement
.
Tips Ikut Pameran Bisnis Untuk Mempromosikan Usaha – Pameran bisnis merupakan salah satu event yang sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis. Di event ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mencari modal, pemasok, penyalur, partner, dan sebagainya. Tujuannya ya cuman satu, yaitu untuk promosi dalam rangka mengembangkan bisnisnya.

Di indonesia sendiri, pameran bisnis makin sering diadakan mengingat makin banyaknya pula pengusaha-pengusaha muda yang bermunculan. Seperti yang kalian ketahui, kini banyak sekali startup-startup yang bermunculan, apalagi di bidang teknologi dan kuliner.

Hal tersebut tentu dimanfaatkan oleh Event Organizer sebagai pihak penyelenggara pameran bisnis, para penyelenggara tersebut berlomba-lomba mengadakan pameran bisnis. Walaupun banyak sekali diadakan, nyatanya pameran bisnis selalu ramai. Hal ini menandakan bahwa iklim bisnis di indonesia sangat bagus.

Kalian sebagai pemilik bisnis, sudah seharusnya ikut event seperti ini, apalagi jika bisnis kalian masih dalam tahap berkembang. Dijamin manfaat yang kalian terima akan sangat besar selama dilakukan secara tepat. Nah, agar manfaat yang diterima besar, apa yang harus dilakukan? Berkaitan dengan hal tersebut, saya ada beberapa tipsnya, silahkan simak ulasannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Strategi marketing Lazada terbukti ampuh, tirulah ini!

Tips Ikut Pameran Bisnis Untuk Mempromosikan Usaha

Tema Pameran Bisnis Sangatlah Penting
Rasanya kurang tepat jika kalian asal dalam mengikuti suatu pameran. Walau itu merupakan pameran bisnis, tapi kalau temanya tidak sesuai dengan bisnis kamu maka sebaiknya jangan memaksakan untuk mengikutinya, bukannya bermanfaat tapi malah akan sia-sia. Perlu kamu tau, pameran bisnis itu sering ada temanya, misalkan tema bisnis fashion, kuliner, teknologi, atau bisa juga tema umum.

Dengan begitu, sebaiknya kalian hanya mengikuti pameran bisnis yang sesuai dengan bisnis kalian saja, atau bisa juga pameran bisnis yang temanya umum di mana segala jenis industri bisnis cocok untuk mengikutinya.

Gimana kalau dalam satu waktu ada dua pameran, yang satu temanya sesuai dengan bisnis dan yang satu temanya umum? Kalau ini masalah prioritas saja, saya sendiri kalau ada kondisi seperti itu pasti akan lebih memprioritaskan pameran bisnis yang sesuai dengan bisnis saya.

Utamakan Pameran Bisnis Dari Event Organizer Yang Berpengalaman
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa makin maraknya bisnis-bisnis baru bermunculan menyebabkan banyaknya pameran bisnis yang diadakan oleh banyak event organizer. Apa kamu yakin semua event organizer tersebut sudah berpengalaman dan profesional? Saya kira tidak, nyatanya juga begitu karena saya sendiri pernah mengalaminya.

Saya sendiri pernah mengalaminya walaupun bukan pameran bisnis, tapi suatu acara yang dikelola oleh pihak yang tidak berpengalaman dan tidak profesional, hasilnya apa? Well, bukan kacau balau lagi, tapi acaranya benar-benar gagal total.
Advertisement


Nah, bagi kalian yang ingin ikut suatu pameran bisnis, ada baiknya untuk sekedar mengecek siapa event organizernya, kemudian cari tahu track recordnya. Selain itu, kalau kamu sudah tau ada EO terpercaya, sebaiknya tanyakan langsung ke mereka saja apakah ada pameran bisnis yang akan segera diadakan.

Pilihlah Lokasi Yang Strategis
Di dunia bisnis, masalah lokasi selalu saja menjadi faktor yang krusial. Baik dalam operasional, pemasaran, dan sebagainya, bahkan ketika akan mengikuti event pameran bisnis pun lokasi menjadi sangat penting. Di sini, ada dua macam lokasi yang perlu kalian perhatikan, yaitu lokasi di mana pameran diselenggarakan, dan lokasi di mana stand kalian didirikan (jika kalian membuka stand.)

Lokasi di mana pameran diselenggarakan, ini berkaitan dengan seberapa bergengsinya pameran bisnis tersebut. Biasanya jika pameran diadakan di lokasi yang iklim ekonominya tinggi, maka pameran tersebut cukup bergengsi, artinya pesertanya juga tidak main-main.

Sedangkan untuk lokasi di mana stand kalian berdiri, tentu saja ini berkaitan dengan keterlihatan oleh peserta pameran. Semakin baik lokasi stand, maka semakin baik pula keterlihatannya, jika keterlihatannya tinggi maka tujuan kamu untuk tercapai persentasenya akan tinggi pula. Tapi yang perlu diingat, lokasi stand yang bagus biasanya harganya juga mahal, oleh karena itu siap-siaplah dengan dana yang dibutuhkan.

Persiapkan Perlengkapan Dengan Baik
Di sini kalian perlu untuk menganalisis seberapa besar pameran tersebut, berapa kira-kira peserta yang akan mendatangi stand kalian? Semua itu sangat berkaitan dengan seberapa banyak perlengkapan yang perlu disiapkan. Misalnya saja jumlah brosur, sample produk, dan sebagainya.

Sangat sayang ‘kan kalau perlengkapan kalian habis sebelum pameran bisnis berakhir, padahal bisa saja tujuan kalian akan tercapai diakhir-akhir pameran, apalagi kalau bisnis kalian merupakan bisnis kuliner di mana sample produk yang dibutuhkan relatif banyak.

Kalau di bisnis kuliner, orang nyoba produk berarti dimakan atau diminum, artinya sudah tidak bisa digunakan lagi. Beda kalau produk teknologi atau kerajinan tangan, peserta nyoba tentu setelahnya bisa digunakan lagi. Artinya apa? Cobalah untuk menyiapkan semua hal agar nantinya tidak mensia-siakan waktu, tenaga, dan biaya yang digunakan untuk mengikuti suatu pameran bisnis.

Memperkaya Informasi Tentang Pameran
Tips terakhir ini akan sangat baik kalau kalian lakukan, yaitu memperbanyak informasi terkait pameran-pameran lain yang akan diselenggarakan. Ada banyak informasi yang bisa kalian dapat, bisa lewat internet, teman, atau tanyakan langsung kepada EO yang kalian kenal. Ingat ya, sebisa mungkin jangan sampai ketinggalan event seperti ini, karena kalau bisnis kalian masih dalam tahap berkembang, pameran bisnis merupakan salah satu tempat terbaik untuk memaksimalkannya.

Selanjutnya: Bahasa marketing yang terbukti ampuh dan efektif.
----
Oke ya, itulah sedikit ulasan dari saya tentang tips ikut pameran bisnis untuk mempromosikan usaha. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu mensukseskan pameran yang akan kalian ikuti. Oiya, jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.