HOT Banget

Sunday 8 October 2017

Belajar Dari Kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS Dalam Mengelola Bisnis

Advertisement
.
Belajar Dari Kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS Dalam Mengelola Bisnis – Bagi para pecinta kuliner pedas, mungkin sudah tidak asing lagi dengan rumah makan waroeng spesial sambal ini. Waroeng yang berkantor pusat di Jogja ini telah memiliki 80 cabang di Jawa-Bali, yang selalu konsisten menghadirkan kuliner untuk para pecinta pedas.

Ada satu hal menarik di balik kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS, yaitu setiap cabangnya baik baru maupun lama, selalu dapat menarik pelanggan tanpa adanya promosi. Ini beneran, sejak awal berdirinya SS 15 tahun yang lalu sampai sekarang, mereka tak satu kali pun melakukan promosi. Anehnya, dengan tanpa promosi ini, di setiap waroengnya selalu saja rame, bahkan mengalahkan rumah makan yang “boros” promosi.

Ini jelas ada sesuatu di SS, ada semacam daya pikat yang membuat para pelanggan ini selalu mendatangi SS untuk makan. Apa rahasia kuliner Yoyok Heri Wahyono selaku pemilik Waroeng Spesial Sambal SS? Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan rahasianya, ini merupakan hasil analisis dari saya dan dari perkataan Yoyok Heri Wahyono sendiri ketika menjadi pembicara di acara-acara tertentu. Berikut beberapa rahasia suksesnya:

Sebelumnya, baca juga: Tips meningkatkan kenyamanan pelanggan untuk bisnis kuliner.

Belajar Dari Kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS Dalam Mengelola Bisnis

Merintis Usaha Di Kota Perantauan
Pada tahun 2002 silam atau 15 tahun yang lalu, Waroeng Spesial Sambal hanyalah sebuah warung tenda di pinggir jalan di sekitaran kampus UGM Yogyakarta. Tapi kini sudah memiliki 80 cabang warung di penjuru pulau Jawa dan Bali. Hebatnya lagi, mereka tidak membuka cabang dengan sistem waralaba, namun benar-benar real dari modal sendiri.

Salah satu yang berperan atas suksesnya SS adalah pemilihan kota yang tepat ketika merintis warung. Ya, diawal-awal membuka dulu SS telah memilih kota yang tepat, yaitu di Jogja yang notabene merupakan kota pelajar dan kota wisata. Lalu apa hubungannya?

Jadi begini, dengan predikat kota pelajar dan wisata, secara otomatis Jogja penuh dengan orang dari luar kota, baik kuliah maupun hanya sekedar wisata. Nah, orang-orang dari luar ini, akan mencicipi sajian SS di cabang jogja. Ketika mereka pulang ke kota asal, maka mereka sudah tidak asing lagi jika menemui SS dikotanya, dan karena mereka sudah tau kalau sajian SS memang lezat maka mereka tidak ragu untuk mendatanginya, dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi agen pemasaran SS dengan mengajak kawan-kawan di kotanya untuk mencicip sajian SS.

Hal ini terlihat simple dan sulit dipercaya, tapi percaya ajalah karena memang ini nyata adanya. Kebanyakan ini terjadi pada anak-anak kuliah yang berasal dari luar kota dan ngekos di jogja. Karena SS ini selain nikmat, tapi juga akrab di kantong, maka jadilah SS menjadi sahabat akrab anak-anak kos. Dan setelah mereka kembali ke kota asal, mereka akan menjadi agen promosi bagi SS.

Beruntung jika kalian saat ini berada di kota perantauan dan berniat mengembangkan bisnis di kota-kota lainnya. Dengan strategi seperti ini, kamu akan lebih mudah dalam hal promosi dan mengundang pelanggan. Tapi ingat, strategi seperti ini bisa menjadi pisau bermata dua, jika kesan dari pelanggan positif maka baik untuk bisnismu tapi jika kesannya negatif maka bisa menjadi boomerang.

Laris Dulu, Baru Laba
Mengembangkan bisnis membutuhkan kebijaksanaan dan kesabaran yang besar. Tidak sedikit, para pelaku bisnis pemula yang terlalu bernafsu untuk mendapatkan laba, dan hasilnya bukan malah untung tapi rugi yang di dapat. Jika pun laba, itu hanya sementara dan tidak bertahan lama.

Rahasia kedua dari suksesnya Waroeng Spesial Sambal SS adalah karena adanya konsep “laris dulu baru laba” yang selalu diucapkan oleh Yoyok Heri Wahyono. Dengan konsep ini, bukan berarti mereka lalu memberikan makan gratis untuk pelanggan, tetapi lebih ke memaksimalkan pelayanan dan menjaga kualitas rasa sajian.
Advertisement

Apa bentuk memaksimalkan pelayanan dan menjaga kualitas rasa sajian itu? Pertama, pastikan pelanggan tidak kapok untuk datang kembali. Ketika pelanggan kecewa jika ada lalat di makanannya misalnya, maka jangan ragu untuk mengganti menu tersebut, atau gratiskan semua menu yang di order. Jika mereka kecewa dengan lamanya menunggu pesanan datang, maka puaskan dengan sajian yang lezat. Jangan pernah mengurangi takaran resep untuk menghemat biaya, karena hal seperti itu akan merusak kualitas sajian.

Intinya di sini adalah bagaimana kamu memuaskan konsumen, atau menambal kekecewaan konsumen dengan kepuasan. Lebih baik sekarang kalian rugi atau mendapat untung sedikit untuk memupuk kepuasan konsumen yang di masa depan pasti akan berdampak positif untuk berkembangnya bisnis kamu, daripada mengambil untung sebesar-besarnya sekarang tapi di masa depan tidak meyakinkan eksistensi bisnis kamu.

Tak Semua Produk Harus Memberi Untung
Secara perhitungan, kita memang selayaknya mematok harga di atas biaya produksi suatu produk untuk memperoleh laba atau untung. Tapi jika kalian memiliki strategi yang bagus dan mampu memanfatkan kondisi, mungkin kalian bisa mencoba dengan mengabaikan untung-rugi di beberapa produk. Apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk memuaskan konsumen dan agar menjadi ciri khas dari bisnis kamu yang akan sulit dilupakan pelanggan.

Dalam kenyataanya, Waroeng Spesial Sambal SS sudah menerapkan strategi ini, bahkan bisa dibilang sangat berani dalam penerapannya karena produk yang diabaikan untung-ruginya adalah produk nasi yang notabene sangat vital untuk bisnis kuliner. Hanya dengan membeli nasi satu kali, selama di makan di waroengnya (tidak dibawa pulang dan tidak nambah orang), maka pelanggan bebas untuk nambah nasi sepuasnya.

Secara perhitungan, jika kita hitung nasinya saja maka SS sudah bisa di pastikan akan rugi karena hampir semua pelanggan akan meminta tambah nasi. Tapi jika kita hitung secara keseluruhan dari menu yang mereka pesan, maka SS akan memperoleh untung. Bagaimana bisa terjadi? Hal ini karena pelanggan akan memakan lebih banyak karena tambah nasi gratis, dan tanpa sadar memungkinkan mereka untuk memesan lauk, minuman, atau sambal lebih banyak dari biasanya. Menu lainnya itu tidak gratis, sehingga bisa memberikan SS keuntungan melebihi kerugian atas nasi tersebut.

Managemen yang Kuat dan Solid
Rahasia terakhir dari kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS adalah karena memiliki managemen yang kuat serta memiliki kerjasama yang solid. Hal ini lebih ke budaya kerja yang dimiliki SS yang begitu luar biasa. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya dilakukan dengan disiplin, tegas, dan penuh tanggungjawab.

Di SS, setiap standar harus dilakukan dengan benar, misalnya standar clean up meja, menyambut konsumen yang datang, standar masak, standar kasir, dan lain sebagainya. Jika sekalipun ketahuan standar tersebut tidak dilakukan, maka managemen tidak ragu untuk memberikan hukuman. Tapi sebaliknya juga, di SS banyak reward yang diberikan untuk karyawan yang berprestasi dan berkinerja baik.

Selain itu, di managemen itu yang dipikirkan tidak hanya soal pekerjaan saja tapi juga dipikirkan persoalan kesejahteraan karyawan, kesehatan, dan religius. Buktinya, setiap karyawan di SS di berikan gaji jauh lebih besar dari UMR/UMK, setiap kamis ada olahraga bersama, bahkan tak jarang di adakan pengajian untuk memperkuat mental karyawannya.

Selanjutnya: Cara membangun kerjasama tim yang kompak dan solid.
-----
Oke, itulah beberapa rahasia kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS yang bisa kita pelajari dan dicoba untuk diterapkan. Semoga ulasan dari saya di atas bermanfaat dan menambah wawasan kalian semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.